Penyebab Kanker Ovarium

904 views

Kanker OvariumKanker Ovarium

Bagi wanita, kanker ovarium (indung telur) menjadi hal yang wajib untuk diketahui. Selain dapat menjadi ancaman keselamatan jiwa, juga sebagai Iangkah antisipasi agar terhindar dan penyakit ¡ni. Benikut penjelasan mengenal kanker ovarium.

A. Definisi Kanker Ovarium
Kanker indung telur (kanker ovarium) adalah tumor ganas pada ovarium (indung telur). Kanker ovarium paling sering ditemukan pada wanita berusia 50—70 tahun dan satu dan 70 wanita menderita kanker ovarium. Kanker ovarium bisa menyebar secara Iangsung ke daerah sekitarnya. Dan, melalui sistem getah bening, kanker bisa menyebar ke bagian lain dan panggul dan perut; sedangkan melalui pembuluh darah, kanker bisa menyebar ke hati dan paru-paru.

B. Penyebab Kanker Ovarium
Penyebabnya penyakit ¡ni belum diketahuj secara pasti. Efek perlindungan terhadap kanker Ovarium ditemukan pada wanita yang memiliki banyak anak, wanjta yang kehamilan pertamanya terjadi di usia dini, dan wanita yang memakai pil KB. Adapun beberapa faktor risiko terjadinya kanker ovarium adalah sebagai berikut:

1. Faktor Risiko Individual
Usia di atas 40 tahun baru memiliki satu anak atau tidak memiliki anak, riwayat kanker payudara atau kanker endometrium sebelumnya, keluarga den gan kanker, dapat meningkatkan angka kejadian kanker ovarium. Sedangkan, memiliki anak lebih dan satu, penggunaan kontrasepsi pli minimal satu tahun (faktor proteksi bertambah dengan penggunaan setiap tahunnya), riwayat menyusui, pengikatan saluran tuba, dan histerektomi (pengangkatan rahim) berkaitan erat dengan penurunan risiko dan kanker ovarium.

2. Riwayat Keluarga

Wanita dengan riwayat keluarga memiliki kanker payudara, indung telur, endometrium, atau usus besar, memiliki peningkatan risiko untuk kanker ovarium.

3. Faktor Lingkungan
Beberapa penelitian mengemukakan bahwa asupan makanan yang mengandung lemak hewani, seperti daging dan ayam, dalam jumlah banyak dapat meningkatkan risiko mendapat kanker ovarium. Penurunan risiko berkaitan dengan mengonsumsi sayuran, vitamin A4 dan Vitamin C.

4. Faktor Reproduksi
Memiliki anak Iebih dan satu, penggunaan kontrasepsi pil, riwayat menyusui, pengikatan saluran tuba, dan histerektomi (pengangkatan rahim) berkaitan dengan penurunan risiko dan kanker ovarium.

Tags: #jenis kanker #Kanker Ovarium