Perbedaan Antara Virus, Bakteri, dan Parasit Bag. 2

5782 views

Pada posting sebelumnya sudah saya jelaskan Perbedaan Antara Virus, Bakteri, dan Parasit, dan kali ini akan kita jelaskan tentang virus dan Parasit bagian ke 2.

Virus pada dasarnya merupakan molekul DNA atau sebuah RNA yang dikelilingi oleh molekul protein. Misi utama virus adalah untuk memperbanyak diri untuk dapat terus bertahan hidup. Namun demikian, berbeda dari bakteri, virus tidaklah mandiri –  dalam hal ini mereka memerlukan sel inang yang sesuai untuk dapat bereproduksi. Ketika virus menyerang sebuah sel inang, virus akan masuk ke dalam sel tersebut kemudian mengambil alih sistem metabolisme sel tersebut dan memerintahkannyauntuk memproduksi apapun yang dibutuhkan virus tersebut untuk dapat bereproduksi. Sel inang tersebut dapat hancur setelah menjalankan proses tersebut, meskipun beberapa virus dapat bertahan dalam sel inang tanpa menyebabkan kerusakan apapun pada sel tersebut. Beberapa penyakit yang diakibatkan oleh virus diantaranya adalah polio, campak, AIDS, influenza, dan SARS.

Plasmodium, parasit protozoa yang menyebabkan malaria pada manusia

Plasmodium, parasit protozoa yang menyebabkan malaria pada manusia

Parasit merupakan organisme lengkap yang memiliki DNA dan RNA. Parasit hidup bersama organisme inang. Parasit mengambil keuntungan dari organisme tersebut, sementara organisme memperoleh kerugian. Parasit dapat menyebar dari satu inang ke inang yang lain termasuk pada manusia. Beberapa parasit kini menjadi penyebab utama beberapa penyakit yang diderita manusia.

Organisme ini hidup dan berkembang biak dalam jaringan dan organ tubuh manusia atau binatang yang terinfeksi yang kemudian ikut dikeluarkan dari dalam tubuh mereka bersama hasil ekskresi atau metabolisme mereka. Parasit memilki beberapa jenis dan ukuran. Beberapa diantaranya merupakan organisme mikroskopis ber-sel satu (Protozoa) dan beberapa lain lebih besar seperti ulat ber-sel banyak (helmiths) yang dapat dilihat dengan mata telanjang. Parasit tidak selalu hidup di dalam inangnya; misalnya kutu anjing dan kutu kepala yang disebut juga ectoparasitest karena mereka hidup di bagian luar inangnya.

Tags: #Bakteri #Parasit #Virus